Budaya Antikorupsi Menjaga Pengelolaan Keuangan Negara

oleh Elzami Haqie, diterbitkan pada 2021-12-08 08:15:58
Tanpa Kategori


 

 

Jakarta, 8 Desember 2021 – Kementerian Keuangan sebagai pengelola keuangan negara berperan aktif dalam kegiatan pencegahan korupsi demi membangun kesadaran masyarakat terhadap budaya antikorupsi, khususnya di lingkungan Kementerian Keuangan. Pengelolaan keuangan yang prudent dan berintegritas diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi organisasi.

Berbagai upaya pencegahan korupsi juga terus dilakukan di Kementerian Keuangan. Diantaranya melalui implementasi Survei Penilaian Integritas (SPI), Continuous Audit dan Continuous Monitoring, berperan aktif dalam pelaksanaan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK), penyusunan kerangka kerja integritas, penguatan sinergi pengawasan dengan pengawas internal dan eksternal pemerintah serta APH, optimalisasi data analytics, integrasi ALPHA LHKPN, hingga optimalisasi saluran pengaduan atau Whistleblowing System (WISE) Kemenkeu.

Kementerian Keuangan melalui Inspektorat Jenderal menyelenggarakan puncak Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2021 dengan tema “Perkuat Budaya Antikorupsi, Wujudkan Kemenkeu Satu yang Tepercaya, Menuju Indonesia Tangguh dan Tumbuh” pada Selasa, 8 Desember 2021 secara daring. Kegiatan yang diikuti oleh pejabat/pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan, pejabat/pegawai di Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, TNI, Polri serta masyarakat umum ini disiarkan secara langsung melalui Zoom dan kanal Youtube Kementerian Keuangan, Inspektorat Jenderal, dan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan.

Acara diisi dengan keynote speech dan pembukaan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta speech series dengan menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud MD, Ketua Komisi Pemberantasan   Korupsi Firli Bahuri,   Kepala   Kepolisian   Negara   Republik   Indonesia Listyo Sigit Prabowo dan   Kepala   Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Mohammad Yusuf Ateh sebagai pembicara.

Selain itu, pada puncak Peringatan Hakordia Kemenkeu Tahun 2021 ini, Inspektorat Jenderal bersama Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama terkait integrasi ALPHA dan LHKPN oleh Inspektur Jenderal Kemenkeu Awan Nurmawan Nuh dan Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan. Perjanjian kerja sama ini sebagai pedoman bagi para pihak dalam rangka kerja sama pelaksanaan integrasi ALPHA dan LHKPN, mendukung kegiatan pengawasan internal, serta sebagai penyederhanaan administrasi pelaporan kewajiban dari pejabat dan/atau pegawai di Kementerian Keuangan.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN