Sinergikan Pengawasan Pusat dan Daerah

oleh Ichsan Atmaja, diterbitkan pada 2021-11-15 04:09:37
Liputan Utama Berita Utama




Semarang, 8 November 2021 - Peran pengawasan internal menjadi semakin penting di masa pandemi ini. Dalam lingkup pemerintahan, pengawas internal diharapkan mampu menjadi trusted advisor yang dapat memberikan nilai tambah untuk organisasi dan mencegah risiko-risiko yang mengancam organisasi.

Asosiasi Pengawasan Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) selaku organisasi profesi pengawas internal pemerintah berupaya untuk terus mendorong peran APIP yang professional baik di pusat maupun daerah. Untuk memperkuat peran dan koordinasi APIP pusat dan daerah, hari ini (8/11), Inspektur Jenderal Awan Nurmawan Nuh selaku Ketua Umum DPN AAIPI mengunjungi Dewan Perwakilan Wilayah AAIPI Provinsi Jawa Tengah.

Irjen Awan menyampaikan bahwa keberadaan APIP dalam pengawasan intern diwujudkan untuk mendukung percepatan pelaksanaan dan realisasi program pemerintah dengan fokus memberikan solusi dan rekomendasi perbaikan, menjaga integritas, serta membangun early warning system untuk mencegah risiko-risiko yang mengancam organisasi.

"Peran APIP menjadi sangat penting utamanya untuk memberikan asurans dan konsultasi sekaligus memperkuat pencegahan dan deteksi dini dalam mengawal program pemerintah." ujar Awan.

Sementara keberadaan AAIPI merupakan simpul sinergi pengawasan intern sehingga pengawasan atas pengelolaan keuangan Negara dapat dilaksanakan secara end-to-end baik oleh APIP K/L maupun APIP Pemda. Diharapkan AAIPI dapat terus membantu APIP untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi para APIP melalui berbagai macam pelatihan dan pendidikan untuk para APIP dalam rangka meningkatkan kapasitas organisasi dan kompetensi seluruh APIP.

Dalam kunjungannya kali ini, Irjen Awan juga mengajak kepada para APIP untuk turut serta menyukseskan Kongres AAIPI yang akan diselenggarakan pada tanggal 23 November mendatang serta pemilihan Anggota Eksekutif Tidak Tetap melalui e-voting yang masih dibuka hingga 13 November 2021.

Melalui partisipasi aktif seluruh anggota AAIPI, diharapkan dapat menghasilkan kepengurusan yang terbaik dan solid untuk melanjutkan agenda-agenda AAIPI yang sedang dirintis dan membawa AAIPI menjadi organisasi yang lebih maju dan sejajar dengan organisasi sejenis di tingkat regional dan internasional.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN