Samakan Langkah Sinergi APIP Pusat dan Daerah

oleh Ichsan Atmaja, diterbitkan pada 2021-10-26 08:21:37
Berita Utama Liputan Utama




 



Lombok, 25 Oktober 2021 - Hari ini, Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (DPN AAIPI), Awan Nurmawan melaksanakan audiensi di Dewan Perwakilan Wilayah (DWP) AAIPI Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam rangka memperkuat sinergi dan koordinasi di lingkungan AAIPI. 


Audiensi dibuka oleh Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) NTB, Ilham Nurhidayat dan Ketua DPW AAIPI NTB sekaligus Inspektur Provinsi NTB, Ibnu Salim. Acara diselenggarakan secara hybrid dan mengundang seluruh pengurus DPW AAIPI provinsi NTB.


Awan Nurmawan dalam arahannya menyebutkan bahwa AAIPI terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas APIP melalui pembinaan dan pengembangan profesi baik di pusat maupun daerah. Harapannya, asosiasi ini dapat mendorong peningkatan kapabilitas APIP dan dapat memberikan kontribusi optimal dalam pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, dan akuntabel.


Di masa pandemi ini, peran APIP menjadi sangat penting untuk dapat mengawal upaya pemerintah dalam menangani pandemi dan pemulihan ekonomi nasional. Awan Nurmawan berpesan bahwa APIP harus dapat memberikan solusi terbaik dengan tetap menjaga koridor yang ada sehingga akselerasi pelaksanaan program prioritas pemerintah dapat berjalan sesuai dengan tata kelola yang baik.


Dalam audiensi ini, dilaksanakan juga sosialisasi produk Komite Standar Audit AAIPI yaitu Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia (SAIPI) dan Kerangka Praktik Profesional Pengawasan Intern Pemerintah (KP3IP) oleh anggota Komite Standar Audit DPN AAIPI, Bambang Karuliawasto dan Ahmad Ghufron.


Audiensi kali ini juga diharapkan dapat mendorong partisipasi APIP Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat dalam pemilihan Ketua Umum DPN AAIPI periode 2021-2024 dan 14 Anggota Eksekutif Tidak Tetap DPN AAIPI. Pemungutan suara dibuka hingga 30 Oktober 2021 melalui e-voting yang dapat diakses melalui tautan aaipi.or.id/vote



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN