Itjen dan DJBC Tingkatkan Layanan Dengan Audit Kinerja KITE

oleh Elzami Haqie, diterbitkan pada 2021-10-01 07:45:43
Galeri Liputan Utama Berita Utama



 

Jakarta – Setelah kurang lebih satu bulan, Tim Inspektorat Jenderal telah menyelesaikan proses audit kinerja di bidang Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE). Pada jumlat (24/9), Auditor Madya Inspektorat II Dwi Sugeng Riyanta bersama tim menyampaikan hasil audit kinerja dibidang Fasilitas KITE dengan tindak lanjut yang telah dilakukan oleh Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Jakarta.

Berdasarkan PP Nomor 60 Tahun 2008 pasal 50 ayat (2), Audit Kinerja merupakan audit atas pengelolaan keuangan negara dan pelaksanaan tugas dan fungsi instansi pemerintah yang terdiri atas audit aspek ekonomis, efisiensi, dan audit aspek efektivitas, serta ketaatan pada peraturan. Dalam implementasinya, Audit kinerja pada Itjen Kemenkeu dilakukan dengan beberapa tahapan yang dimulai dari perencanaan makro, perencanaan mikro, pelaksanaan, dan pelaporan.

Pada kesempatan baik ini, Kepala Kantor Wilayah DJBC Rusman Hadi menyampaikan terima kasih kepada Tim Inspektorat Jenderal. “Diharapkan dengan adanya audit kinerja ini dapat mengevaluasi kinerja di bidang Fasilitas khususnya KITE di Kanwil DJBC Jakarta, sehingga kekurangan-kekurangan yang masih ada dapat diperbaiki dan kinerja pelayanan Fasilitas Kepabeanan Kanwil DJBC Jakarta pun semakin baik”, sambung Rusman.

Inspektorat Jenderal berharap bahwa hasil audit kinerja ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi DJBC untuk memberikan pelayanan Fasilitas Kepabeanan Kanwil DJBC Jakarta yang semakin baik untuk pengguna jasa dan masyarakat. Ke depannya, proses audit dan tindak lanjut dapat dilaksanakan semakin baik dan bermanfaat bagi kedua belah pihak.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN