Tahun Ke-55 Itjen Kemenkeu, Bersama Memperkuat Pengawalan Keuangan Negara

oleh Kurnia Fitri Anidya, diterbitkan pada 2021-09-22 17:51:40
Menu Liputan Khusus Galeri Tanpa Kategori Berita Utama Liputan Utama


Jakarta - Hari ini (21/9), tepat 55 tahun sejak berdirinya Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. Dalam perkembangannya, Itjen Kemenkeu terus berupaya untuk dapat memberikan nilai tambah bagi Kementerian Keuangan melalui berbagai inovasi di bidang pengawasan internal. Itjen Kemenkeu juga menorehkan sejumlah prestasi dan menjadi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) pertama yang menuju level 4 IACM.

Peringatan HUT ke-55 Itjen yang diselenggarakan secara virtual ini dihadiri oleh pejabat dan pegawai aktif Inspektorat Jenderal, para mantan pejabat eselon 2, serta para Inspektur Jenderal periode sebelumnya. Tahun ini, kali kedua Itjen Kemenkeu kembali memperingati hari ulang tahun secara virtual, semenjak pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Namun, pertemuan jarak jauh ini tidak mengurangi rasa sukacita dan kekhidmatan di antara penggawa Inspektorat Jenderal.

Acara diawali dengan persembahan tari-tarian dari pegawai Inspektorat Jenderal. Kemudian, opening speech oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal Bambang Karuliawasto yang sekaligus membuka acara Peringatan HUT ke-55 Itjen Kemenkeu ini. Sebagai tanda syukur atas segala pencapaian Itjen Kemenkeu hingga tahun ke-55 ini, turut diselenggarakan pemotongan tumpeng oleh Inspektur Jenderal Awan Nurmawan Nuh didampingi oleh Sekretaris Itjen Bambang Karuliawasto dan Inspektur VII Alexander Zulkarnain, disaksikan oleh seluruh pegawai Inspektorat Jenderal dan undangan melalui zoom meeting.

Berbagai doa dan harapan juga turut dipanjatkan oleh para pimpinan di Kementerian Keuangan. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati turut berpesan pada Inspekorat Jenderal untuk terus meningkatkan kemampuan dan kapasitasnya dalam mengawal keuangan negara. “Dengan pengawasan yang cermat dan efektif, keuangan negara harus dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh rakyat Indonesia,” harap Menkeu Sri Mulyani.

Tahun ke-55 Inspektorat Jenderal ini semakin istimewa ketika doa dan harapan para Inspektur Jenderal periode sebelumnya turut terucap. Irjen Kemenkeu periode 2002-2006 Agus Muhammad berharap agar Itjen bekerja dengan sepenuh hati, professional, dan bekerja dengan integritas. Permana Agung yang juga pernah menjabat sebagai Inspektur Jenderal periode 2006-2008 berpesan agar Inspektorat Jendral dapat menjadi cornerstone, tidak saja dari perspektif tata kelola, namun juga menjadi instrumen untuk menciptakan kemakmuran rakyat melalui pengawalan terhadap keuangan negara. 

Terakhir, Irjen Kemenkeu periode 2017-2021 Sumiyati turut mendoakan, “Situasi pandemi ini merupakan suatu momentum emas untuk melakukan perubahan dan perbaikan, Itjen harus memerankan diri sebagai strategic partner yang memberi nilai tambah dan dapat menjaga keuangan negara. Tetap bersemangat, semakin kuat, terus belajar, jaga profesionalisme dan integritas. Bukan hanya untuk aparat pengawasan sendiri, tapi harus bisa membawa semua rekan-rekan untuk sama-sama menjalankan nilai-nilai profesionalisme dan integritas,” ucap Sumiyati.

Irjen Awan Nurmawan Nuh dalam sambutannya menyampaikan bahwa sudah banyak yang dikembangkan dan dicapai oleh Inspektorat Jenderal Kemenkeu, sehingga kemampuan pengawasan internal sudah mencapai level yang tinggi dan menjadi rujukan oleh APIP lainnya. Irjen Awan berharap bahwa Itjen Kemenkeu dapat meningkatkan dan memperkuat ekosistem pengawasan keuangan negara secara terintegrasi dan inovatif, juga bekerja sama dalam rangka menjadikan Itjen Kemenkeu lebih baik lagi. “Terus mengembangkan dan meningkatkan pencapaian yang sudah dicapai,” pesan Irjen Awan.

Irjen Awan juga berharap dapat melanjutkan estafet kepemimpinan para Irjen sebelumnya dengan lebih baik lagi dan dapat mempertahankan serta melanjutkan berbagai pencapaian yang telah diraih Itjen Kemenkeu. Kini, di bawah kepemimpinan Inspektur Jenderal Awan Nurmawan, Itjen Kemenkeu akan memperkuat komitmen untuk meningkatkan efektivitas pengawalan keuangan negara, membangun ekosistem pengawasan APBN yang lebih terintegrasi, dan menciptakan pengawasan internal pengelolaan keuangan negara yang lebih agile dan adaptif.

Selamat Ulang Tahun ke-55 Itjen Kemenkeu! Mari bersama kita wujudkan Pengawasan Kuat, Indonesia Tangguh!



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN