Selamat Datang Irjen Kemenkeu Awan Nurmawan Nuh

oleh Ichsan Atmaja, diterbitkan pada 2021-08-02 10:37:02
Liputan Utama Berita Utama


Jakarta, 2 Agustus 2021 – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melantik pejabat eselon I, pejabat eselon II, pejabat administrator, serta pejabat fungsional di lingkungan Kementerian Keuangan.  Dalam kesempatan ini, Awan Nurmawan Nuh dilantik menjadi Inspektur Jenderal menggantikan Sumiyati yang telah memasuki masa purnabakti di akhir Juli lalu.


Dalam acara pelantikan yang dilaksanakan secara daring dan luring di Aula Mezanine Gedung Djuanda I ini, Menkeu Sri Mulyani mengambil sumpah jabatan para pejabat. Menkeu memberikan ucapan selamat kepada para pejabat dengan jabatan baru, baik itu berupa mutasi, promosi, maupun rotasi. “Jabatan adalah kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan oleh organisasi atau institusi tempat anda bekerj. Saya ingin anda meresapi dan mengingat sumpah jabatan yang baru saja anda ucapkan di atas kitab suci masing-masing sebagai janji anda kepada sang pencipta,” ujar Menkeu.





Masa pandemi Covid-19 ini, era dimana teknologi digital membuat semua orang dapat berinteraksi secara cepat dan terbuka. Media komunikasi pun berjalan sangat cepat. Menkeu Sri Mulyani meminta semua jajaran dapat bekerja dengan cepat, cermat, dan terus beradaptasi karena kondisi yang penuh ketidakpastian. Para pejabat harus proaktif dalam bekerja, tanpa menunggu arahan dalam menghadapi lingkungan yang berubah dengan dinamis, serta selalu bekerja dalam integritas yang penuh, tanpa cacat, dan ikhlas.

Awan Nurawan Nuh diberikan amanah untuk selalu dapat menjaga reputasi Inspektorat Jenderal di Kementerian Keuangan. Reputasi ini dijaga dengan memperkuat dan meningkatkan akuntabilitas, transparansi, serta pertanggungjawaban keuangan negara secara kreatif dan inovatif, namun tetap di dalam koridor akuntabilitas keuangan negara. Penguatan ekosistem pengawasan APBN yang harus semakin terintegrasi. Inspektorat Jenderal sebagai wajah Kementerian Keuangan dari sisi compliance harus berfokus pada tujuan dan tidak mengkompromikan integritas.

Menkeu Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa Inspektorat Jenderal perlu terus memfasilitasi saluran bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan dan umpan baliknya. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi potensi kecurangan. Di akhir amanahnya, sekali lagi Menkeu Sri Mulyani mengucapkan selamat menjalanakan tugas kepada para pejabat baru, terus bersinergi dan berkolaborasi dalam satu Kemenkeu, serta bersinergi dengan instansi dan/atau pemerintah daerah.