Membuka Lembaran Baru Setelah 39 Tahun Berkarya

oleh Elzami Haqie, diterbitkan pada 2021-07-30 04:20:07
Berita Utama


Jakarta, 30 Juli 2021 - Perjalanan panjang karier Inspektur Jenderal Sumiyati kini telah tiba di garis finish. Setelah mengabdi pada negara selama 39 tahun, selangkah lagi Irjen Sumiyati akan memasuki masa purnabakti. Sebagai bentuk penghargaan terbesar bagi Irjen Sumiyati di akhir masa tugasnya, pagi ini, Inspektorat Jenderal menyelenggarakan acara pelepasan Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan yang dihadiri oleh seluruh pegawai secara daring.

“Hari ini memang pelepasan ibu Irjen sebagai Inspektur Jenderal, namun bukan sebagai guru,” ujar Sekretaris Inspektorat Jenderal Bambang Karuliawasto dalam sambutannya. Sepanjang pengabdiannya Irjen Sumiyati selalu berbagi ilmu layaknya guru dan mendorong orang-orang di sekitarnya untuk terus menggali ilmu.

Bahkan legacy terbesar Irjen Sumiyati bagi Inspektorat Jenderal merupakan budaya belajar agar Inspektorat Jenderal terus tumbuh sebagai organisasi, berevolusi mengikuti perkembangan zaman. Bambang mengutip arahan yang kerap ditanamkan oleh Irjen Sumiyati bahwa saat ini bukan masanya kita menjadi unit yang ditakuti dan disegani, kita harus menjadi strategic partner dan trusted advisor bagi mitra pengawasan.

Hiduplah seperti huruf “w” besar, jangan seperti huruf “l” besar. Saat jatuh ke titik rendah, carilah cara untuk segera bangkit, jangan terus diam dalam keterpurukan di titik yang sama. Pesan yang pernah disampaikan oleh Irjen Sumiyati di depan pegawai baru Itjen 2021 ini rupanya mencerminkan perjalanannya selama berkarya di Kementerian Keuangan.

Sepak terjang Irjen Sumiyati ini menjadi inspirasi bagi banyak orang. Dalam kesempatan ini, berbagai lapis penggawa Kementerian Keuangan mulai dari Menteri Keuangan, Wakil Menteri Keuangan, jajaran Eselon I, para Inspektur, hingga pelaksana turut menyampaikan kesan dan pesan mendalam yang telah ditorehkan oleh Inspektur Jenderal Sumiyati.

Selama 39 tahun sudah api semangat Irjen Sumiyati menyala, namun hingga detik-detik terakhir tidak juga surut baranya. Irjen Sumiyati dalam sambutannya tetap menyisipkan berbagai pesan dan arahan bagi jajaran Inspektorat Jenderal. Empat tahun tujuh bulan bukan waktu yang singkat, namun bagi Irjen Sumiyati rasanya masih kurang sebab begitu banyak hal besar yang ingin beliau wujudkan untuk Inspektorat Jenderal.

“Apa yang sudah dimulai terus dilanjutkan, apa yang belum selesai segera diselesaikan, apa yang salah dikoreksi, dan proses pembelajaran harus terus berjalan agar kedepan Itjen terus semakin baik,” pesan Irjen Sumiyati.

Inspektorat Jenderal akan selalu berada dalam hati Irjen Sumiyati. Meski tidak lagi terikat secara kewajiban, namun beliau berkomitmen untuk tetap membuka silaturahmi. Beliau selalu terbuka dan menyambut Inspektorat Jenderal apabila di kemudian hari membutuhkan konsultasi maupun bantuan darinya.

Sungguh, akhir pengabdian Inspektur Jenderal Sumiyati di Kementerian Keuangan bukanlah akhir dari segalanya. Beliau terus menjadi cahaya, penerang bagi sekitar, dan asa bagi orang-orang terkasih.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN