Tiga Hari Bersama Data Analytics Seri Kedua

oleh Elzami Haqie, diterbitkan pada 2021-07-28 13:01:07
Galeri Berita Utama Liputan Utama



 

Jakarta, 28 Juli 2021 – Pagi ini, Inspektorat Jenderal kembali memulai “Workshop Grooming Data Analytics (DA) Tahun 2021”. Setelah seri sebelumnya, peserta telah diperkenalkan terkait audit dengan pendekatan RCM, proses kegiatan Continuous Audit (CA) dan tools, prosedur akses data dan otomasi script, pengenalan SQL, hingga konsep SQL, konsep RDBMS (ERD), dan pengenalan penggunaan “select + case when”. Seri kedua ini, tim dari Inspektorat VII akan memandu para peserta untuk terjun langsung menggunakan data analytics mulai kasus sederhana hingga kasus pengawasan Itjen.

Kegiatan yang masih dilakukan secara daring ini diikuti oleh pegawai internal Itjen. Mulai dari pegawai yang telah menerapkan DA dalam kegiatan pengawasan hingga pegawai yang baru memiliki minat dan ingin mengasahnya. Tiga hari ke depan (28-30 Juli) peserta akan diajak untuk lebih mengenal fungsi “function & join”, “subquery & set”, pengenalan visualisasi data, dan showcase dashboard CA menggunakan Tableau. Selain itu, peserta juga bisa langsung praktek dan mengerjakan bersama kasus-kasus yang bisa ditemui dalam kegiatan pengawasan Itjen Kemenkeu.

Kegiatan seri kedua ini telah sesuai dengan harapan Inspektur Jenderal yang diungkapkan saat pembukaan workshop. Itjen Kemenkeu dihadapkan pada tantangan menyiapkan SDM yang adaptif dan agile terhadap perkembangan zaman. Irjen Sumiyati mengungkapkan pentingya optimalisasi Inisiatif Strategis terkait emerging technology di tahun 2021, salah satunya melalui knowledge sharing.

“Harapannya roadmap pengembangan SDM yang adaptif teknologi dapat dievaluasi secara berkala. Apakah roadmap yang dibuat beberapa tahun lalu masih sesuai dengan level kompetensi kebutuhan saat ini? Oleh karena itu, diperlukan sinergi dari seluruh level pegawai dan pejabat untuk turut serta dalam memonitor perkembangan agar tercapai SDM yang kompeten dalam mengawal keuangan negara”, ungkap Irjen Sumiyati.

Pengembangan dan pemeliharaan SDM yang berbasis kompetensi teknologi informasi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, upaya workshop grooming data analytics 2021 diharapkan dapat membantu meningkatkan kompetensi IT Audit bagi auditor Itjen dan organisasi secara keseluruhan.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN