Memantik Bara Integritas dan Sinergi Kanwil DJKN Bali Nusra

oleh Elzami Haqie, diterbitkan pada 2021-07-22 04:52:18
Galeri Liputan Utama Berita Utama


Meskipun di masa Pandemi Covid-19 ini segala hal menjadi serba tidak mudah, Itjen Kemenkeu tetap dengan semangat menjalankan pengawasan menjaga GRC Kemenkeu untuk memastikan tugas dijalankan secara produktif demi mencapai target yang telah ditetapkan dan memastikan compliance dan integritas tetap terjaga.

“Produktivitas iya, akuntabilitas iya namun tidak boleh mengorbankan integritas ataupun kepatuhan” ungkap Sumiyati saat memberikan arahan dalam acara Irjen Menyapa pada Jumat (23/7) siang sebagai salah satu wujud pembinaan dan menjaga integritas seluruh jajaran Kemenkeu. Kali ini Inspektur Jenderal Kemenkeu Sumiyati berkesempatan menyapa dan memberikan arahan kepada jajaran Kemenkeu di wilayah Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara secara virtual melalui aplikasi zoom meetings.

Mengawali acara, Inspektur IV Setiawan Basuki mengatakan Irjen bahwa Menyapa juga merupakan salah satu kegiatan pengawasan Itjen dalam menjaga integritas insan Kemenkeu. Melalui Irjen Menyapa, tersirat pesan meskipun tidak hadir melakukan pengawasan lapangan, Itjen tetap hadir melakukan pengawasan secara jarak jauh. Sehingga diharapkan sinergi Itjen dengan klien pengawasan dapat berjalan lebih baik dan peran Itjen mensupport target kinerja DJKN dapat optimal dijalankan.

Irjen Sumiyati mengatakan bahwa DJKN semacam holdings kecil di Kemenkeu yang menjalankan bisnis atau mengurusi hal yang sangat beragam dan tantangannya luar biasa. Seperti piutang, BMN, aset eks BLBI, aset eks asing dan lain sebagainya termasuk pelelangan. Keberagaman tersebut menuntut adanya kompetensi yang beragam pula serta membawa risiko yang tinggi juga.

Dalam rangka memitigasi risiko tersebut integritas harus selalu dijaga oleh seluruh jajaran DJKN untuk memastikan tugas tetap dapat dijalankan dengan baik dalam situasi apapun terlebih dalam kondisi saat ini dengan sistem kerja work from home yang sudah berbasis digital. Sehingga dimanapun tempat bekerja diharapkan seluruh jajaran Kemenkeu bisa mengendalikan diri dan menjaga integritas. “Jangan sampai tercederai.” tegas Sumiyati.

Dalam arahannya, Sumiyati merasa perlu bagi jajaran DJKN Kanwil Bali Nusra untuk memetakan pengelolaan kekayaan negara mengingat banyak potensi yang perlu mendapat perhatian di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Terkait capaian kinerja Sumiyati berpesan bahwa jangan terlena dengan kinerja yang baik namun justru harus dijadikan pendorong agar bekerja lebih baik lagi.

Selain itu, Sumiyati juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerjasama yang baik dalam menindaklanjuti selurh hasil pengawasan Itjen hingga dinyatakan tuntas. Kemudian terkait survei persepsi integritas Sumiyati juga mengapresiasi skor DJKN yang naik drastis dengan berbagai upaya yang telah dilakukan. Acara diakhiri dengan sesi diskusi dengan Kepala KPKNL di wilayah Kanwil DJKN Bali Nusra.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN