Menjaga Aset Itjen Berharga Kemenkeu

oleh Elzami Haqie, diterbitkan pada 2021-07-16 09:27:29
Liputan Khusus Berita Utama


Jakarta, 16 Juli 2021 - Sumber Daya Manusia merupakan aset yang paling berharga bagi perusahaan. Mengingat kebutuhan organisasi saat ini semakin berorientasi pada pengambilan keputusan yang selalu melibatkan SDM. Sebagai bentuk pertanggungjawaban dalam mengelola SDM, perlu dilakukan upaya menjaga kesehatan SDM. Itjen Kemenkeu menyelenggarakan kegiatan Medical Check-Up (MCU) bagi pegawai yang berusia diatas empat puluh tahun. Kegiatan ini bermaksud untuk mengetahui kondisi kesehatan pegawai dan mendeteksi gangguan kesehatan sedini mungkin.

Kegiatan Medical Check-Up merupakan agenda rutin tahunan Inspektorat Jenderal Kemenkeu. Dalam rangka persiapan pelaksanaan MCU, Bagian Umum dan Komunikasi Publik menyelenggarakan acara Sosialisasi Pre Medical Check Up melalui zoom meeting pada hari ini (16/7). MCU diselenggarakan oleh Itjen bekerja sama dengan Laboratorium Klinik Prodia.

Berbeda dari tahun lalu, fasilitas paket MCU kali ini lebih lengkap dengan jumlah sepuluh pilihan paket pemeriksaan kesehatan yang meliputi hematologi rutin, metabolism glukosa, pemeriksaan metabolisme lemak, fungsi hati, screening hepatitis, fungsi ginjal, elektrolit, osteoporosis, khusus wanita, dan pemeriksaan penunjang.

Peserta yang terdaftar MCU dapat memilih paket yang tersedia sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Kegiatan MCU akan diselenggarakan di Lobby Gedung Dhanapala pada tanggal 24 s.d. 27 Agustus 2021 dengan memberlakukan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

Pada masa pandemi Covid-19, pemeriksaan kesehatan menjadi kebutuhan yang sangat mendesak. Dokter Umum Klinik Prodia Kramat Kristin Djandra mengungkapkan bahwa kerentanan terhadap risiko dari terpapar Covid-19 diakibatkan oleh faktor komorbit. Faktor komorbit adalah penyakit yang memperberat infeksi Covid-19 dan dapat menyebabkan kematian.

Untuk mengoptimalkan pencegahan terhadap risiko tersebut, hampir semua paket MCU kali ini juga meliputi pemeriksaan kandungan vitamin D dalam tubuh. Vitamin D berperan penting dalam merangsang kekebalan tubuh secara adaptif, termasuk terhadap Covid-19. Dengan demikian, kegiatan MCU diharapkan dapat mendeteksi gangguan kesehatan yang berisiko tinggi jika terpapar Covid-19 lebih awa. Sehingga pegawai dapat menjaga kesehatan dengan lebih baik dan mendetail.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN