Sosialisasi PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, Sebuah Paradigma Baru Penegakan Disiplin PNS

oleh System User, diterbitkan pada 2010-08-20 00:00:00
Berita Utama


 

Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Kegiatan yang dilaksanakan di Lantai II, Gedung R.M. Notohamiprodjo Kementerian Keuangan ini diikuti oleh Sekretaris Itjen, para Inspektur, para Pejabat Fungsional Auditor, serta para pejabat/pegawai di lingkungan Sekretariat Itjen dan Inspektorat. Acara ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan peraturan baru mengenai peraturan disiplin PNS, yaitu PP Nomor 53 Tahun 2010 sebagai pengganti PP Nomor 30 Tahun 1980.

 

(kiri ke kanan) Murtedjo mendampingi Farel Simarmata menyampaikan materi

 

Acara yang berlangsung pukul 08.00 WIB ini dibuka oleh Sekretaris Itjen, Benny M Limbong. Dalam pembukaannya, Sekretaris Itjen menyampaikan sambutan kepada para pegawai yang hadir. Menurutnya, acara sosialisasi ini diselenggarakan untuk menumbuhkan kesadaran para pegawai negeri sipil atas hak dan kewajiban yang melekat pada dirinya, terutama bagi pegawai Inspektorat Jenderal yang bertugas untuk mengawal penegakan peraturan dan disiplin para pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan.

 

Selanjutnya, dilangsungkan acara utama yaitu sosialisasi PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS dengan narasumber Asisten Sekretaris Badan Pertimbangan Kepegawaian (BAPEK), Drs. Farel Simarmata yang dimoderatori oleh Inspektur II Kementerian Keuangan, Drs. Murtedjo, Ak., MM. Asisten Sekretaris BAPEK memberikan penjelasan mengenai perbedaan-perbedaan yang mendasar antara peraturan PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin pegawai dengan PP Nomor 30 Tahun 1980. Pada peraturan baru tersebut, tingkat dan jenis hukuman disiplin dijabarkan lebih rinci dan terdapat tambahan jenis hukuman disiplin. Selain itu, narasumber yang merupakan salah seorang anggota tim perumus peraturan ini mengungkapkan dalam PP Nomor 53 Tahun 2010, pejabat yang merupakan atasan langsung pegawai dapat dikenakan sanksi yang sama jika tidak melaporkan bawahannya yang melakukan pelanggaran disiplin, sehingga fungsi pengawasan dari atasan kepada bawahan berjalan aktif. Dengan demikian, dapat dikatakan peraturan yang terbaru ini merupakan penyempurnaan dari peraturan sebelumnya yang tidak berlaku lagi.

 

Secara keseluruhan, acara berjalan dengan baik dan menarik. Banyak pertanyaan dan masukan yang dilontarkan pegawai Itjen kepada narasumber mengenai ketentuan baru dalam peraturan ini. Akhirnya, acara ditutup dengan penyerahan plakat dari Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan yang diwakili oleh Sekretaris Itjen kepada Badan Pertimbangan Kepegawaian (BAPEK) yang diterima oleh Asisten Sekretaris BAPEK. Dengan Sosialisasi PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS ini, diharapkan kinerja di Kementerian Keuangan, terutama di Inspektorat Jenderal semakin baik dan optimal lagi. Kalau bukan kita yang menegakkan disiplin, siapa lagi? (Humas Itjen – 2010)



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN